dc.description.abstract |
Ulul Azmi. 2019. Dampak Korean Wave (Hallyu) Terhadap Perilaku Konsumen Pada Mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar, pembimbing Mariah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Dampak K-Drama terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa (2) Dampak K-Pop terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa (3) Dampak K-Beauty terhadap perilaku konsumen pada mahasiswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di kampus STIE Nobel Indonesia Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara dengan sumber data utama yakni mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar yang merupakan pencinta korea. Sedangkan data lainnya bersumber dari dokumentasi yang didapat melalui informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa K-Lovers di STIE Nobel Indonesia Makassar menunjukkan bahwa Korean Wave (Hallyu) berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian dengan faktor utama yang mempengaruhinya adalah faktor sosial yaitu Grup Referensi, hal ini ditunjukkan K-Lovers dengan membeli atau munculnya sebuah keinginan dalam mengkomsumsi produk yang sesuai dengan idolanya. Selain itu perilaku komsumsi dari K-Lovers bukan hanya membeli suatu produk akan tetapi komsumsi juga dirtunjukkan dengan mengikuti perkembangan idola melalui media internet. |
en_US |