Abstract:
Risnawati H.M.2019. Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Sucofindo (Persero) Cabang Makassar, dibimbing oleh Abdul Khalik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sucofindo (persero) Cabang Makassar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Sucofindo (persero) Cabang Makassar dalam 3 tahun terakhir. Dengan menggunakan rumus Slovin, maka didapat responden 93. Sedangkan, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear regresi berganda dan menggunakan IBM SPSS Statistics version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan customer relationship management dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sucofindo (persero) Cabang Makassar. Kualitas pelayanan adalah variabel yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan dalam penelitian ini.