Abstract:
Darmawansa. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Nilai Produk Terhadap
Loyalitas Pelanggan Pada Sentra Pengolahan Rurnput Laut, dibimbing oleh Ahmad Firman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan nilai produk mempengaruhi loyalitas pelanggan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan nilai produk terhadap loyalitas pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data ya ng diperoleh dalam bentuk angka-angka yang dapat dihitung. Sampel penelitian adalah customer Sentra Pengolahan Rumput laut Kabupaten Bantaeng. Adapun metode pengolahannya yaitu dengan cara memberi skor (scoring).
Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dari variabel kualitas produk Thitung sebesar 6,432 yang jika dibandingkan dengan Ttabel 1,985 pada signifikansi 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Thitung lebih besar ( 6,432 > 1.985). Variabel nilai produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dari nilai variabel nilai produk menghasilkan nilai Thitung sebesar 4,359 yang jika dibandingkan Ttabel 1,985 pada signifikasi 0,05 maka dapat diketahui bahwa Thitung lebih ( 4,395>1,985 ). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kualitas produk (0,423) dan nilai produk (0,399) berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dan hasil analisis dapat dikatakan bahwa variabel bebas atau independen yang paling berpengaruh adalah kualitas produk dengan nilai koefisien sebesar 0,423.