Nobel Indonesia Institute

PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA OBJEK WISATA PUNCAK PASAPA’ DI DESA SALUDENGEN KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA

Show simple item record

dc.contributor.author PERDI TRIANGGA
dc.date.accessioned 2020-11-30T02:26:43Z
dc.date.available 2020-11-30T02:26:43Z
dc.date.issued 2020-11-09
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/353
dc.description.abstract Perdi Triangga. 2020. Perumusan Strategi Pemasaran Pada Objek Wisata Puncak Pasapa’ Di Desa Saludengen Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa, Pembimbing Mutiarini Mubyl. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui rumusan strategi pemasaran pada objek wisata Puncak Pasapa’ di Desa Saludengen, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa (b) mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi keunggulan objek wisata Puncak Pasapa’. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Analisis dilakukan berdasarkan faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap penentuan strategi perusahaan. Pengolahan data menggunakan matriks IFE & EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Hasil matriks IFE bernilai 2,24 dan matriks EFE bernilai 3,13, yang berarti objek wisata Puncak Pasapa’ dalam matriks IE berada pada sel II sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah Growth Strategy. Hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran III, dengan strategi yang dapat diterapkan adalah strategi turn around. Dalam matriks QSPM, strategi dengan TAS tertinggi adalah strategi WO (Weakness- Opportunity) sebesar 232,01. Adapun keunggulan internal objek wisata adalah variasi daya tarik wisata dengan nilai 0,28 dan keunggulan eksternal objek wisata adalah trend konsumsi wisata “Back To Nature” yang meningkat dengan nilai 0,66. en_US
dc.subject IFE, EFE, QSPM, SWOT, Strategi Pemasaran. en_US
dc.title PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA OBJEK WISATA PUNCAK PASAPA’ DI DESA SALUDENGEN KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account